Dalam membangun bisnis dan usaha dibutuhkan kerja keras dan
ketekunan. Begitu juga dengan para pengusaha sukses yang memulai bisnisnya
dengan visi yang kuat.
Seperti 2 orang #entrepreneur muda berikut ini, Joe Kennedy
dan Jonny Burt. Tamat dari universitas, mereka mencoba mengembangkan usaha,
memanfaatkan media sosial sebagai pendukung bisnisnya.
Mereka berdua berasal dari Inggris, dimana faktanya bahwa
mayoritas galeri seni yang ada disana
masih menerapkan gaya marketing lawas yang tentunya tidak lagi efektif dalam
menarik minat para penikmat seni di era saat ini.
Namun apa yang dilakukan berbeda dari yang pernah ada
sebelumnya, terbukti mereka memanfaatkan #media sosial Instagram untuk mempopulerkan
galeri seninya, dan akhirnya berhasil dengan kesuksesan besar.
Memanfaatkan
Teknologi
Saat pemilik galeri seni lain masih berpikir bahwa mempromosikan usaha menggunakan pamflet masih cukup baik, namun Kennedy dan Burt sudah memiliki pemikiran yang lebih maju.
Sebagai orang yang terbiasa dengan media sosial, tentunya
mereka tahu seperti apa pola pikir generasi muda saat ini, sehingga mudah bagi
mereka mengembangkan ide-ide untuk menggabungkan potensi media sosial dengan
usaha di industri seni.
Masih banyak memang galeri yang menggunakan strategi
pemasaran konvensional lewat newsletter dan iklan di majalah, walau pada kenyataannya
anak-anak muda kini tidak lagi membeli
majalah seni. Karena anak-anak muda lebih senang menggunakan media sosial
mereka untuk mencari informasi, berbelanja dan lainnya.
“Kebanyakan museum dan galeri seni masih berpikir bahwa sosial
media adalah mainan remaja narsis yang hanya memfoto sarapan mereka. Mereka
tidak menganggap itu sebagai sesuatu yang komersial,” ungkap Kennedy.
Memulai
Usaha
Karena kemampuan menggunakan media sosial #Instagram dalam memperkenalkan galeri seni milik mereka, maka percepatan usaha mereka pun juga cukup tinggi.
Terbukti, dalam tiga tahun Kennedy dan Burt berhasil mengembangkan
sebuah jaringan online bagi para pembeli muda dari seluruh dunia, mulai dari
Hong Kong, Amerika Serikat, sampai Timur Tengah.
Tentu ini merupakan pencapaian yang luar basa dibandingkan
dengan para pemilik galeri seni yang masih bertahan dengan cara lama.
Kini galeri kecil yang mereka miliki sebelumnya disulap
menjadi sebuah galeri besar dan mereka beri nama “The Unit” yang terletak di
kawasan bergengsi Soho, London, Inggris.
Baru-baru ini dua entrepreneur muda ini menyelenggarakan
eksibisi seni pertama yang dikurasi lewat Instagram, yaitu Paintguide, yang
membawa 61 artis dari seluruh dunia dan sukses membangun reputasi mereka lewat
Instagram.
Dalam eksibisi tersebut, akhirnya galeri seni milik Kennedy
dan Burt dengan sejumlah pihak swasta yang tertarik untuk mendukung perkembangan
seni dapat terjalin. Hal ini tentunya jadi pencapain yang baik juga bagi
mereka, sehingga membuat mereka jadi lebih dikenal.
Era digital semakin berkembang, para generasi muda harus tahu
bagaimana cara memanfaatkan teknologi dengan baik, bijak dan tepat. Begitu
banyak kini media sosial yang ada, sayang bila tidak dimanfaatkan.
Seperti dua pemuda di atas, mampu menggapai sukses dari Instagram.
Seperti dua pemuda di atas, mampu menggapai sukses dari Instagram.
Baca Juga : Wow...Siswa SMA Berhasil Membangun Perusahaan Startup
Joe Kennedy dan Jonny Burt.
image:standart.co.uk
EmoticonEmoticon