Rabu, 25 Januari 2017

5 Fakta Jaringan 5G, Bisa Download 10 GB Dalam Sedetik

Seprti kita ketahui bersama bahwa teknologi jaringan 4G masih belum bisa menjangkau merata di beberapa titik wilayah di Indonesia. Sebagian dari masyarakat Indonesia masih belum bisa menikmati kecepatan jaringan 4G. Namun ternyata sejumlah negara di Asia seperti China, Jepang dan Korea Selatan rupanya sudah melakukan uji coba dan pengembangan jaringan 5G. Bahkan China sendiri kabarnya mulai melakukan uji coba jaringan 5G di 100 kota.



Ternyata mereka telah selangkah lebih maju dari negara-negara di Eropa dan Amerika dalam mengembangkan jaringan 5G. Apalagi teknologi nirkabel generasi kelima ini juga menawarkan berbagai keunggulan.

Nah, pasti kalian pada penasaran kan dengan teknologi ini, dan apa saja keunggulan-keunggulannya dari jaringan generasi sebelumnya. Seperti  yang dilansir dari lifehacker, Kamis (13/10), berikut adalah fakta-fakta seputar jaringan 5G

1. Penambahan kecepatan jaringan.

Selain memberikan kapasitas besar, pengguna 5G akan dapat menikmati jaringan 20 kali lebih cepat dari jaringan 4G yang ada saat ini.Kalian dapat dengan mudahnya mengunduh film UltraHD hanya dalam hitungan detik.

2. Latensi semakin kecil.

Latensi adalah jumlah waktu yang dibutuhkan paket data untuk berpindah dari satu titik ke titik lain. Dalam jaringan 5G, tingkat latensi akan kurang dari 1 milidetik sedangkan jaringan 4G memiliki latensi 10 milidetik.

3. Tak akan ada lagi gangguan jaringan.

Biasanya koneksi jaringan 3G dan 4G akan menjadi lambat pada saat digunakan di tempat yang ramai. Namun masalah itu tidak akan lagi terjadi dan tidak akan dialami jika menggunakan jaringan 5G.

4. Mendukung kemajuan teknologi.

Kehadiran jaringan 5G tentu akan semakin mendukung perkembangan teknologi lainna. Semua yang membutuhkan jaringan internet akan menjadikan segalanya lebih mudah. Misalnya teknologi maju pada drone/ pesawat tanpa awak atau mobil tanpa awak sangat diuntungkan berkat lahirnya jaringan 5G.

5. Bisa dinikmati tahun 2020.

Ups, jangan bersedih dulu, sabar aja lebih kurang 3 tahun lagi aja kok. Karena memang berdasarkan informasi yang dilansir bahwa jaringan 5G diperkirakan akan dapat dinikmati masyarakat secara luas pada tahun 2020. Namun jika kalian tidak sabar dan ingin segera mencoba merasakan kecepatan dan keunggulan jaringan 5G ini, kalian bisa berkunjung ke Korea Selatan tahun depan. Karena Korea Selatan kabarnya akan memperkenalkan jaringan pada 2018 saat pagelaran Olimpiade Musim Dingin.

Yap, teknologi informasi semakin terus berkembang, demikian juga jaringan yang mendukung, segala informasi akan didapat secara cepat. (OL)


EmoticonEmoticon