Kamis, 16 Februari 2017

Apple Akan Mengeluarkan iPhone Buatan India, Benarkah?



Apple Inc. merupakan perusahaan multinasional yang bergerak dalam bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan yang meliputi perangkat lunak, computer, dan perangkat elektronik termasuk iPhone yang tentunya sudah kita kenal.

Apple terus mengembangkan bisnisnya ke seluruh dunia, salah satunya yaitu di Negara India. Perusahaan yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California itu akhirnya memulai produksi di hub teknologi India, Bangalore.

Dilansir dari CNN Money, Senin (6 februari 2017) lalu, Apple akan memulai produksi iPhone di India, setelah melewati tahap negoisasi selama berbulan-bulan sebelumnya. Priyank Kharge selaku Menteri Teknologi Informasi mengatakan bahwa Apple sudah menyetujui kesepakatan untuk perakitan produknya di bagian Karnataka, Bangalore.

Apple akan dirakit di kawasan pinggiran Bangalore, yaitu mulai bulan April mendatang. Tempat yang akan menjadi tempat persinggahan Apple untuk memproduksi produknya tersebut akan dioperasikan oleh Wistron yang merupakan pemasok Apple yang memiliki kantor yang berpusat di Taiwan.

Sebelumnya, penjualan Apple ke India biasanya hanya melalui distributor lokal, dikarenakan penjualan iPhone di India belum mampu menyaingi merek-merek dari China, seperti Oppo, Lenovo, dan Xiaomi. 

Selain itu, Apple juga mendapatkan tekanan bahwa mereka tidak diperbolehkan membuka toko ritel di India, bahkan bagi pengecer asing yang menjual produk Apple di Negara ini yang diperbolehkan adalah dengan syarat yang memiliki kandungan lokalnya minimal 30%.

Apple memang belum menyatakan pengumuman resminya tentang hal ini dengan pemerintah India, namun Apple juga tidak menampik tentang adanya kabar ini. Jika ini benar terjadi, maka ini merupakan unit manuafaktur iPhone pertama di India. (OL)

1 komentar so far

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.


EmoticonEmoticon