Minggu, 08 Januari 2017

Tips 5M Sukses di Bisnis Online

Bisnis Online

 Seiring dengan semakin majunya perkembangan dunia internet di Indonesia, bidang bisnis pun mulai memanfaatkan internet untuk menunjang kemajuan bisnis perusahaannya. Dan tren yang berkembang pesat saat ini adalah penjualan secara online atau yang biasa kita sebut dengan “bisnis online”.

Begitu banyak platform online yang dapat digunakan secara gratis oleh pengguna. Baik itu oleh pelaku bisnis yang telah lama berjalan, bahkan bisnis yang benar-benar baru sekalipun.

Namun dalam perkembangannya, tentu banyak perbedaan dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan bisnis secara online. Yang utama tentu bagaimana meyakinkan para calon customer, karena di dunia online hanya menampilkan informasi penjualan dan orang tidak saling bertemu dan tidak melihat fisik dari toko kamu.

Maka dari itu, kini telah banyak situs-situs e-commerce yang menjadi perantara antara pembeli dan penjual, dengan berbagai fitur dan pelayanan yang semakin memudahkan dalam proses jual beli secara online.
Untuk dapat sukses berbisnis secara online, berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1.       Manajemen Pemasaran


Bagi kamu yang masih baru dalam menjalankan bisnis secara online, maka harus melakukan strategi-strategi pemasaran untuk dapat meningkatkan kesadaran pada calon pembeli tentang  toko kamu dan menumbuhkan ketertarikan untuk berbelanja. Kamu dapat menerapkan cara meng-endorse figur terkenal yang sedang naik daun atau membuat  promo-promo di media tertentu, dengan membuat give away dan lainnya.

2.       Membuat  konten menarik


Bagi kamu yang berjualan via Instagram, dapat membuat konten-konten  yang menarik dan bermanfaat, sehingga followers juga dapat menerima informasi yang bermanfaat dan bukan hanya sekedar tawaran penjualan produk semata.

Bagi yang berjualan via situs e-commerce, dapat membuat konten yang menarik di dalam deskripsi produk. Kamu dapat menjelaskan spesifikasi dari produk dan memberikan informasi mengenai kelebihan-kelebihan lainnya. Hal ini dapat memberikan informasi tambahan bagi calon pembeli dan membuat mereka lebih yakin dengan toko kamu dan apa yang kamu jual.

3.        Menentukan target penjualan


Target penjualan diperlukan untuk memacu motivasi. Penentuan target ini dibuat berdasarkan analisa pasar. Hal ini dibuat agar dapat mengetahui pasar yang ingin dijangkau dan seberapa banyak yang dapat dicapai nantinya. Selain itu juga hal ini untuk mengatur strategi pemasaran yang baik dan efektif.

4.       Memberikan pelayanan terbaik


Begitu banyak penjual yang ada di dunia maya, begitu juga banyak calon pembeli. Namun yang perlu diketahui bahwa latar belakang dari para pembeli ini berbeda-beda. Maka dari itu sebagai penjual kamu harus memberikan pelayanan terbaik, dikarenakan begitu banyak pesaing di luar sana yang mungkin menjual produk yang sama dengan kamu.

Untuk itu kamu harus jujur dan memberi ulasan positif dan baik, sehingga dapat meningkatkan keyakinan dan kepercayaan calon pembeli terhadap toko kamu.

Apabila ini kamu lakukan dengan konsisten, bukan tidak mungkin pembeli tersebut akan melakukan repeat order di kemudian hari. Selain itu toko kamu akan semakin dikenal dan tentunya akan menghadirkan pembeli-pembeli baru.

5.       Menampilkan foto produk yang dijual


Tidak dapat dipungkiri bahwa visual dapat lebih diingat dan dihafal oleh siapa saja yang melihat. Memberikan foto yang tepat dan kualitars gambar yang baik akan menimbulkan ketertarikan bagi calon pembeli. Dan yang lebih baik lagi kamu menampilkan foto asli dan bukan hanya mengambil foto dari internet. Karena bisa saja di kemudian hari apabila si pemilik foto yang asli akan mempertanyakan kepada kamu atas izin pengambilan gambar milik mereka.

Demikian tips 5 M yang mudah-mudahan bisa bermanfaat.


Dalam berbisnis, modal yang dibutuhkan tidaklah selalu besar. Dengan keyakinan dan ilmu yang baik, semoga dapat mendapatkan apa yang diimpikan. Salam. We are awesome..!!!.


EmoticonEmoticon