Rabu, 25 Januari 2017

Hati-hati, 10 Smartphone Ini Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan Kamu


Tidak dapat dipungkiri, di zaman yang semakin berkembang maju dan modern seperti saat ini, setiap orang pasti memiliki ponsel sebagai sarana untuk mendukung komunikasi. Bukan hanya sebagai komunikasi suara, kini juga telah banyak hadir ponsel pintar atau smartphone yang begitu banyak menghadirkan fitur-fitur seperti #mediasosial dan lain sebagainya

Segala kecanggihan yang ada pada smartphone itu akhirnya membuat kita selalu dekat dan tidak terlepas dari kegiatan sehari-hari. Mungkin ada yang memanfaatkannya sebagai sarana untuk menjalankan #bisnisonline, eksis di berbagai media sosial, atau mungkin hanya sekedar #maingame.

Namun apakah Anda tahu bahwa smartphone bisa membawa dampak berbahaya bagi kesehatan tubuh? Mungkin sebagian dari kita belum menyadarinya.

Memang benar smartphone saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan. Tetapi Anda juga harus tahu smartphone apa yang baik dan smartphone apa yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu.

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), mengatakan bahwa radiasi elektromagnetik bisa menyebabkan dampak serius pada tubuh manusia. Dan seperti yang dikutip dari TechViral, artikel ini akan memberi tahu kamu smartphone apa saja yang sebaiknya kamu hindari.

Bukti Smartphone Berbahaya Bagi Kesehatan
Specific Absorption Rate atau juga dikenal dengan SAR, merupakan lembaga yang melakukan pengujian untuk mengukur tingkat radio frekuensi dari barang-barang elektronik, termasuk smartphone dan perangkat nirkabel lainnya.

Dari pengujian yang dilakukan SAR pada beragam smartphone, ternyata ada laporan yang mungkin buat kamu terkejut dan merasa tidak yakin. Sebab, di dalam daftar yang dibuat menunjukkan bahwa salah satu smartphone yang berbahaya itu adalah smart yang mungkin sedang kamu gunakan saat ini, yaitu iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. 

Maka dari itu, untuk kamu yang memiliki iPhone 7 atau iPhone 7 Plus, sebaiknya jauhkan dua ponsel tersebut dari kepala kamu. Daripada nantinya akan kena efek negatif. Selain dua produk Apple terbaru tersebut, masih ada smartphone lainnya.

Sebelum kamu membaca daftar ponsel yang berbahaya bagi tubuh, perlu diketahui bagaimana sebenarnya nilai pengujiannya. Untuk sebuah smartphone dan perangkat ponsel lainnya, nilai ambang batas SAR adalah 2W/kg dalam jaringan massa 10 gram, yang menyerap sebagian besar radiasi tersebut.

Daftar Smartphone Berbahaya bagi Kesehatan
Berikut ini adalah daftar smartphone yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Bagi kamu yang merasa memiliki smartphone di bawah ini, mohon untuk lebih waspada.

Smartphone

Nilai
Huawei Honor 8
SAR 1,5W/kg
Huawei P9
SAR 1,43W/kg
iPhone 7
SAR 1,38W/kg
iPhone 7 Plus
SAR 1,24W/kg
Huawei Honor 5C
SAR 1,14W/kg
Sony Xperia X Compact
SAR 1,8W/kg
Sony Xperia XZ
SAR 0,87W/kg
LG G5
SAR 0,737 W/kg
Sony Xperia X
SAR 0,72W/kg
Samsung Galaxy A3 (2016)
SAR 0,621W/kg
Itu dia 10 smartphone berbahaya bagi kesehatan tubuh kamu. Jika kamu punya salah satu smartphone dari daftar di atas, kamu wajib untuk waspada. Lalu, ponsel seperti apa yang tidak berbahaya atau tidak merusak tubuh manusia?

Setelah melakukan pengujian, ternyata SAR mengklaim bahwa Samsung Galaxy S7 Edge merupakan smartphone yang memiliki tingkat radiasi elektromagnetik paling rendah di antara ponsel-ponsel terkenal lainnya. Namun yang disayangkan, diketahui bahwa tidak ada satu pun produk iPhone yang aman.

Smartphone

Nilai
Samsung Galaxy S7 Edge
SAR 0,264W/kg
Asus Zenfone 3
SAR 0,278W/kg
Samsung Galaxy A5 (2016)
SAR 0,29W/kg
Lenovo Moto Z
SAR 0,304W/kg
OnePlus 3
SAR 0,394W/kg
Samsung Galaxy S7
SAR 0,406W/kg
HTC 10
SAR 0,417W/kg
Huawei Honor 5X
SAR 0,560 W/kg

Nah, bagaimana, setelah membaca artikel ini, semoga kamu bisa lebih baik lagi dalam membeli smartphone. Jangan hanya melihat tampilan saja, tapi harus utamakan kualitas dan pastinya yang tidak berbahaya buat tubuh kamu. (OL)


EmoticonEmoticon