Sabtu, 11 Februari 2017

Tips Agar Akun Facebook Kamu Aman


Siapa yang tidak kenal Facebook, siapa yang tidak tahu Facebook, dari anak-anak sampai orang tua tentu tahu sosial media yang terkenal dan fenomenal ini.

Perlu kamu ketahui bahwa jumlah pengguna Facebook aktif di Indonesia mencapai 88 juta pengguna tiap bulan. Data tersebut disampaikan langsung oleh Sri Widowati yang merupakan Country Director Facebook untuk Indonesia. Data tersebut diperoleh di bulan Oktober 2016 tahun lalu, mungkin saat ini bisa lebih dari itu.

Dan untuk pengguna aktif Facebook secara global adalah sekitar 1,7 miliar pengguna. Wow bisa kamu bayangkan betapa feomenalnya Facebook.

Nah, dengan demikian kamu sebagai pengguna diminta harus hati-hati dalam menggunakan sosial media seperti ini. Karena bisa saja akan ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti penipuan, pembajakan, pencurian data, dan lain sebagainya.


Demi kenyamanan kamu dan kenyamanan bersama juga, maka kamu bisa atur privasi dengan memperhatikan cara di bawah ini.

      1. Menghentikan Tag Yang Tidak Diinginkan

Tidak semua orang akan menyukai apa yang kita bagikan di Facebook. Sesuatu yang ditandai oleh teman kita belum tentu kita suka dan kita inginkan. Karena banyak dari pengguna yang justru malah merasa “risih” bila di- tag sesatu yang tidak diinginkan dan malah membosankan, mungkin juga termasuk kamu.

Untuk menghindarinya kamu bisa langsung ke form “Setting” lalu klik “Timeline and Tagging” di sebelah kiri, kemmudian pilih “Review posts that friends tag you in before they appear on your Timeline." Klik opsi edit dan pilih 'Enable.' Jika sudah kamu akan mendapat notifikasi jika kamu mendapat tag, dan bisa memilih untuk boleh/tidak boleh konten tersebut masuk di Timeline kamu.

      2. Batasi Orang Yang Melihat Kiriman Kamu

Mungkin kamu sering merasa tidak nyaman dengan siapa yang melihat kiriman kamu. Kamu bisa mengaturnya di form “Setting” klik 'Who can see my stuff?' dan klik Limit Old Post. Dengan cara ini orang yang tidak berteman dengan kamu tidak akan bisa melihat kiriman kamu di masa lalu.


 3. Gunakan “Login Alerts”

Facebook menyediakan fitur ini adalah agar memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Apabila ada orang lain yang mencoba masuk ke akun kita, maka Facebook akan memberikan notifikasi ke Facebook sendiri, E-mail, atau SMS.

      4. Lihat Tampilan Profil Akun

Mungkin kamu sering berfikir ingin melihat bagaimana tampilan timeline kamu bila di lihat oleh orang lain. Nah, Facebook punya fitur unik dan kamu bisa mencobanya.

Caranya adalah kamu masuk ke profil akun kamu, kemudian cari “tiga titik” kecil di bawah foto cover kamu, kemudian klik “View As”. Dan selanjutnya kamu akan melhat bagaimana tampilan profil kamu bila orang lain yang melihat.

      5. Mereview Aplikasi Yang Terkoneksi Facebook

Review ini adalah untuk melihat aplikasi-aplikasi apa saja yang terkoneksi dengan akun Facebook kamu, apakah itu game atau aplikasi lainnya.

Untuk melihatnya, kamu bisa masuk ke “Setting” lalu klik “Apps”. Di sini kamu bisa melihat daftar aplikasi apa saja yang terkoneksi. Bila kamu sudah tidak menginginkannya, kamu bisa langsung menghapusnya atau bisa mengeditnya agar dapat dilihat oleh siapa saja.



Mudah kan, semoga bermanfaat, dan pesan Admin “Gunakanlah Media Sosial dengan Baik dan Cerdas”. (OL)


EmoticonEmoticon