Selasa, 03 Januari 2017

Facebook Marketplace || Fitur Baru Untuk Jual Beli Via Akun Facebook Kita

Perusahaan media sosial Facebook kian terus mengembangkan fitur-fitur terbaiknya. Selain sebagai media sosial, sepertinya Facebook juga tidak mau kalah dalam perkembangan pasar dunia internet saat ini. Adapun salah satu misi atau fitur yang ingin dicapai yaitu sebagai tempat jual beli online yang terbaik bagi para pengguna setianya.


Bila ditelusuri, sebenarnya hal ini sudah mulai dijalankan sejak tahun 2007, namun masih belum mencapai hasil seperti yang diharapkan. Dan akhirnya tahun lalu, fitur jual beli yang dibuat Facebook mampu menarik simpati dan minat pengguna yang hingga saat ini mencapai +/- 50 juta pengguna perbulan.

Adapun fitur baru penyempurna fitur jual beli di Facebook tersebut adalah Facebook Marketplace. Ya, seperti namanya, tentu fitur tersebut merupakan tempat berjual beli online. Penasaran seperti apa ? Simak ulasannya.

Tentang Facebook Marketplace

Facebook Marketplace dibuat agar setiap penggunanya dapat mencari dan menemukan dengan mudah berbagai produk yang akan dijual oleh orang-orang disekitarnya. 

Facebook Marketplace terintegrasi dengan layanan Facebook Messenger, sehingga nantinya baik penjual maupun pembeli dapat melakukan proses tawar-menawar, menentukan cara pembayaran, sampai dengan membuat kesepakatan pembayaran (COD misalnya), yang tentu ini membuat proses jual beli jadi semakin mudah.

Namun, sayangnya untuk saat ini fitur tersebut belum tersedia bagi pengguna yang ada di Indonesia. Fitur Facebook Marketplace saat ini baru tersedia bagi pengguna di wilayah Amerika Serikat, New Zealand, Australia, dan Inggris.

3 Fitur Utama Facebook Marketplace 
Walaupun fitur ini belum bisa digunakan secara global oleh pengguna, tapi menurut para pebisnis fitur ini dinilai mempunyai potensi yang baik. Apalagi kita tahu perusahaan sebesar Facebook tentu ingin menghasilkan fitur yang terbaik, bukan yang asal-asalan. Nah, 3 Fitur utamanya adalah pencarian pembelian, menjual barang, dan pencarian kawasan sekitar.

Fitur Pencarian Barang, memungkinkan bagi setiap pengguna untuk memncari dan memfilter daftar barang yang akan dibeli dari komunitas tertentu. Fitur ini akan memunculkan serangkaian daftar produk relevan yang disukai pengguna.

Dan bagi para pembeli, terdapat beberapa pilihan text instant yang digunakan untuk melakukan percakapan transaksi. Teks tersebut antara lain, “Apakah barang masih tersedia?”, “Bagaimana kodisi barang?”. Maka dengan begitu, dapat memudahkan pembeli untuk menentukan pembelian barang yang diinginkan.

Fitur Menjual Barang, yaitu pengguna tidak perlu membuat halaman untuk menjual barang, kita upload saja produk yang akan dijual kemudian membuat deskripsi dan harga yang ditawarkan. Pengguna hanya tinggal memasukkannya pada daftar atau listing produk yang telah disediakan.

Fitur Pencarian Kawasan Sekitar, yaitu tentu saja untuk melakukan pencarian di kawasan sekitar. Kita bisa lebih cepat untuk mendatangi si penjual tanpa harus datang langsung. Melihat listing produk apa saja yang ditawarkan, yang tentunya yang dekat di sekitar kita.

Sedikit ulasan di atas tentang Facebook Marketplace, dan tentunya masih banya fitur-fitur lain yang ditawarkan. Semoga bisa dipakai pengguna secara global dan di Indonesia ya, karena tentu akan memudahkan bagi usaha kecil atau UMKM di sekitar kita, atau kamu yang sedang atau sudah memiliki usaha.

Thenextweb.com


EmoticonEmoticon