Rabu, 04 Januari 2017

4 Hal Yang Perlu Dilakukan Para Pengusaha Di Minggu Pertama Tahun Baru


Jangan hanya sibuk, sibuk melakukan apa yg mendasar untuk pertumbuhan 12 bulan berikutnya. Liburan sudah berakhir dan tahun yang baru telah kita masuki, saatnya untuk kembali ke laboratorium untuk merumuskan ide-ide segar, cerdas, dan efektif yang akan menumbuhkan potensi anda.


Apapun bentuk dari perusahaan anda, apakah perusahaan kecil, menengah, atau mungkin perusahaan besar berskala internasional. Kini adalah waktunya anda menentukan apa yang ingin anda capai berikutnya, dan semua berawal dari perencanaan anda di awal tahun ini.

Ada empat hal yang anda butuhkan untuk memulainya jika anda memiliki tujuan untuk meningkatkan keuntungan dan memenangkan pasar selama 365 hari berikutnya.


1. Rencana 100 Hari

Sejak sekitar tahun 1930-an yang dipelopori oleh Franklin Roosevelt, rencana 100 hari itu dilakukan sebagai sarana untuk mengukur efektivitas nya dalam Oval Office, rencana 100 hari telah menjadi tradisi bagi presiden baru terpilih. Rencana tersebut terdiri dari tujuan jangka pendek yang harus dicapai Presiden untuk menuju visi jangka panjang bagi negara.

Pengusaha harus menulis rencana 100 hari mereka sendiri sebagai cetak biru untuk memajukan produktivitas dan profitabilitas organisasi mereka. Rencana tersebut adalah untuk menetapkan tugas-tugas dalam 100 hari, dan dibutuhkan bagi pemilik usaha untuk mempertimbangkan langkah-langkah spesifik dan sumber daya yang diperlukan agar membuahkan hasil.

Sementara ada waktu dan tempat untuk perencanaan jangka panjang yang visioner, rencana 100 hari memungkinkan pengusaha untuk mengejar tujuan yang akan dicapai dan memulainya dengan penuh energi. Ketika perencanaan 100 hari tercapai, pengusaha akan tahu hal apa dan bagaimana yang selanjutnya perlu dibuat untuk mencapai tujuan jangka panjang selanjutnya.


2. Rapihkan

Apakah anda ingin meningkatkan feng shui kantor anda atau hanya ingin membuatnya lebih mudah untuk menemukan dan menyimpan barang-barang anda, merapihkan ruang kerja perusahaan anda adalah tugas melelahkan namun diperlukan. Maka sisihkan sedikit waktu di hari Sabtu bersama tim anda. Anda dapat menghancurkan atau membuang dokumen-dokumen yang tidak perlu, presentasi dan file, dan membuang peralatan yang lama, brosur, buku, sampel produk dan barang-barang lainnya yang tidak produktif. 

Setelah ruang anda telah dirapihkan, terapkan sistem back up berbasis Internet yang memungkinkan anda untuk cepat dan mudah dalam menemukan file elektronik yang anda inginkan. Perapihan bertujuan tidak hanya memungkinkan anda mudah dan efisien dalam pekerjaan, namun juga akan membuat kantor anda untuk terlihat lebih tertata dan profesional.


3. “Bakar” Semangat Tim Anda

Mungkin anda sudah mencoba untuk campur tangan langsung dalam membantu setiap keadaan usaha anda, atau anda telah mengabaikan masalah dengan harapan bahwa mereka dapat mengurus dirinya sendiri. Tapi mungkin anda telah mengetahui bahwa tim anda lemah dalam menangani masalah perusahaan anda, tentunya anda pasti tahu bahwa ini berbahaya bagi keberlangsungan hidup perusahaan anda.

Coba anda lihat lagi ke belakang tentang biaya yang dikeluarkan, produktivitas, semangat tim anda, berapa banyak yang telah anda korbankan. Maka untuk itu sudah saatnya anda “bakar” semangat dari tim perusahaan anda, jangan sampai anda kehilangan pendapatan yang disebabkan oleh karyawan anda sendiri. Sudah saatnya anda buat keputusan sekarang untuk hidup perusahaan anda lebih baik lagi.


4. Menjadi Tinggi atau Lebih Tinggi

Minggu pertama tahun baru adalah waktu yang sempurna untuk meninjau dan mungkin menaikkan harga produk atau jasa anda. Terlalu banyak pemilik usaha kecil mencoba untuk bersaing dengan menurunkan harga mereka, dan yang sering terjadi malah menjadi sebuah kesalahan. Sebaliknya, merancang sebuah rencana dengan belajar dari apa yang telah anda capai di tahun sebelumnya, melihat kembali sejarah perusahaan anda, meninjau kalender untuk menentukan waktu terbaik untuk pasar anda, biaya, atau harga, dan berpikir tentang bagaimana anda dapat meningkatkan nilai properti anda. Ketika anda melihat celahnya, maka segera ambil.

Setelah sukacita dan hiruk-pikuk liburan, hal ini semoga dapat dimengerti para pemilik usaha untuk mencuri perhatian publik dan menjaga roda perusahaan mereka bergerak maju. Pengusaha yang memiliki disiplin untuk memanfaatkan keempat langkah di atas sebagai awal di tahun yang baru, maka akan membantu semangat tim mereka kembali, menginspirasi ide-ide menarik, dan menghasilkan peluang-peluang baru untuk inovasi dan pertumbuhan perusahaan.

Tetap semangat. We are awesome ..!!


EmoticonEmoticon