Saya yakin sebagian dari Anda
sudah sering dengar banyak kisah sukses tentang orang-orang yang memiliki omset
puluhan hingga ratusan juta rupiah perbulan dari internet, hanya dengan bermodalkan
Facebook Ads atau sering disebut juga Facebook Marketing.
Kemudian muncul
pertanyaan-pertanyaan di kepala Anda tentang bagaimana caranya?, apa bisnis mereka?,
dan apa yang mereka jual?. Jawabannya adalah mereka berbisnis dengan berjualan,
dan yang dijual bisa apa saja, mulai dari E-book, jasa, ataupun barang fisik
tentunya.
Bagaimana dengan omzetnya?
bagaimana bisa super sekali pendapatannya?. Itu karena mereka memaksimalkan
iklan pada produknya, yaitu salah satunya adalah dengan Facebook Ads, iklan
yang mampu menjangkau ke seluruh dunia..
Sebelumnya, kita kenali dahulu
apa itu Iklan Facebook atau Facebook Ads. Menurut penjelasan di Wikipedia, Iklan
Facebook atau Facebook Ads adalah fitur yang ditawarkan oleh Facebook untuk
mempromosikan atau mengiklankan suatu Fan Page yang sebelumnya sudah dibuat
oleh pengguna Facebook dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh
pemasang iklan tersebut.
Facebook sendiri merupakan situs
jejaring sosial dengan platform yang memungkinkan para penggunanya untuk
menciptakan halaman pribadi, menambahkan teman, serta mengirim pesan. Dan pengguna
jejaring sosial Facebook ini telah mencapai lebih dari 1 miliar pengguna di seluruh
dunia, sehingga dapat dikatakan bahwa Iklan Facebook merupakan iklan dengan
jangkauan yang luas hingga dapat mencapai target 1 miliar pengguna di seluruh
dunia.
Sementara di Indonesia sendiri,
pengguna internet mencapai jutaan pengguna, dan berikut ini data statistic yang
diambil sekitar tahun 2015 lalu.
Dan untuk pengguna Facebook
mencapai 80 juta pengguna aktif.
Dari gambar data statistik di
atas, tentunya ini merupakan peluang yang sangat baik untuk Anda mempromosikan
produk Anda ke seluruh Indonesia atau mungkin dunia. Dan bukan tidak mungkin
hal ini akan mampu meningkatkan omzet anda.
Dalam iklan Facebook, para
pengiklan sebelumnya harus memiliki halaman Fan Page yang memungkinkan nantinya
para pengguna Facebook lainnya memberikan LIKE atau menjadi penggemar/ fans atas
Fan Page tersebut, dan Fan Page tersebut dapat berupa perusahaan, produk
layanan, individu, merek dagang, dan lain sebagainya.
Di Facebook Ads para pengiklan
dapat dengan spesifik mengatur target pasar yang ingin dituju, seperti misalnya
wilayah geografis, gender atau jenis kelamin, umur, hal yang disukai, status
pernikahan, pendidikan, dan lain sebagainya, dan setelah memilih karakter
target iklan apa saja yang akan dipilih, Anda akan mengetahui berapa banyak
jumlah target iklan Anda, dan hal tersebut akan membuat iklan yang Anda buat
menjadi lebih efektif dan tepat pada sasaran.
Facebook Ads memang terkenal dengan
kemampuannya untuk men-target calon konsumen dengan sangat spesifik, sehingga sangat
efektif jika Anda dapat menggunakan fitur dari Facebook ini dengan baik.
Beriklan di Facebook Ads juga terbilang sangat murah jika dibandingkan dengan
beriklan di platform lainnya.
Dengan adanya tambahan Fitur baru
bernama Audience Insight, Anda dapat meriset berapa banyak calon customer Anda
yang menggunakan Android, IOS, Blackberry. (OL)
EmoticonEmoticon