From Zero to
hero, sebutan ini memang pantas diterima oleh seorang Carline Darjanto yang
telah berhasil mewujudkan mimpi-mimpinya semasa dulu. Dari yang bukan
siapa-siapa, kini ia menjadi salah satu wanita kebanggaan Indonesia di dunia
fashion wanita.
Dunia fashion sudah sangat dekat sekali dengan kehidupan wanita kelahiran 25 Mei 1987 ini. Setelah menyelesaikan sekolah menengah atas, Carline kemudian menempuh studi fashion di Jurusan Desain Fashion Lasalle College of Fashion, Jakarta. Pada saat itu Carline mempunyai mimpi bahwa ia ingin memiliki usaha sendiri. Dan setelah lulus dari jurusan tersebut Carline bersama sahabat semasa SMP-nya yaitu Ria Sarwono membuat label pakaian wanita dengan nama Cotton Ink di akhir November 2008.
Carline
mengatakan, tujuan awalnya adalah untuk menambah uang saku, namun dikarenakan
permintaan yang begitu banyak, makan Carline memberanikan diri untuk menjadikan
usahanya ini sebagai pekerjaan utamanya. Carline mengatakan, “dulu saya hanya
bisa bermimpi, tapi dari mimpi itulah saya bisa bangkit dan berjuang untuk
mewujudkannya menjadi kenyataan.”
Dengan bekal ilmu dan pengalamannya, kemudian ia sukses mengembangkan Cotton Ink menjadi produk di bidang fashion wanita. Penasaran kisah sukses bisnis online dari Carline?..Yuk kita simak bareng-bareng.
Good Timing And Creative Itu Penting
Di tahun
2008 merupakan masa dimana seorang Tokoh besar yang merupakan seorang Presiden
Amerika, yaitu Barack Obama sedang naik
daun. Carline pun mencoba membuat kaos sablon dengan gambar tokoh tersebut.
Momen seperti ini sangat penting untuk awal memperkenalkan brand pada
masyarakat luas. Dan dari sinilah kemudian Carline mulai merambah beberapa
produk fashion wanita, seperti legging, syal, dan aksesori.
Dari sekian produk yang diproduksi, syal adalah produk yang paling dicari konsumen. Karena syal yang diproduksi Cotton Ink berbeda dengan syal yang lain, yaitu dengan bahan bernama tubular (bahan kaus berbentuk lingkaran tanpa jahitan) yang jarang dipakai di Indonesia. Dengan kreatifitas dan inivasinya dalam dunia fashion, Cotton Ink telah mendapatkan pendapatan tertinggi sebesar 80% dari produk pakaian wanita.
Pemasaran Cotton Ink
Pemasaran Cotton
Ink adalah lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tumblr dan
Pinterest. Karen tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pengguna internet di
Indonesia sangat banyak sekali, maka cara ini adalah cara yang cukup baik.
Carline pun juga membuat website sebagai tokonya, kamu bisa cek di cottonink.co.id
Selain
pemasaran via online, produk Cotton Ink juga bisa ditemukan di beberapa toko
offline di Jakarta seperti The Goods Dept, Pacific Place. Dan di Bandung
sendiri produk Cotton Ink bisa didapati di butik ESTplus, Widely Project dan
Happy-go-lucky. Sedangkan di Surabaya, konsumen bisa mendapatkan produk Cotton
Ink ini di butik ORE. Selain di dalam negeri, Cotton Ink juga mendapatkan
konsumen dari luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Australia dan bahkan
Eropa.
Penghargaan dan Prestasi Cotoon Ink
Usaha dan
kerja keras Carline dan sahabatnya Ria di Cotton Ink ini tidak sia-sia. Di
tahun 2010, Carline meraih penghargaan Most Favorite Brand di
Brightspot Market; The Most Innovative Brand dalam Cleo Fashion
Award (Jakarta Fashion Week); Best Local Brand dari Free
Magazine. Kemudian dua tahun berikutnya yaitu pada tahun 2012, Cotton Ink
kembali mendapatkan penghargaan sebagai merek lokal favorit In Style
Magazine.
Nah,
bagaimana, semoga bisa menjadi inpirasi buat kita semua, jangan takut bermimpi
dan yang penting terus berusaha dan kerja keras. We are awesome!!!.
EmoticonEmoticon