Rabu, 23 November 2016

Carline Darjanto || Sukses Bisnis Online Fashion Wanita

Kisah sukses bisnis online


From Zero to hero, sebutan ini memang pantas diterima oleh seorang Carline Darjanto yang telah berhasil mewujudkan mimpi-mimpinya semasa dulu. Dari yang bukan siapa-siapa, kini ia menjadi salah satu wanita kebanggaan Indonesia di dunia fashion wanita.


Dunia fashion sudah sangat dekat sekali dengan kehidupan wanita kelahiran 25 Mei 1987 ini. Setelah menyelesaikan sekolah menengah atas, Carline kemudian menempuh studi fashion di Jurusan Desain Fashion Lasalle College of Fashion, Jakarta. Pada saat itu Carline mempunyai mimpi bahwa ia ingin memiliki usaha sendiri. Dan setelah lulus dari jurusan tersebut Carline bersama sahabat semasa SMP-nya yaitu Ria Sarwono membuat label pakaian wanita dengan nama Cotton Ink di akhir November 2008.
 
Carline mengatakan, tujuan awalnya adalah untuk menambah uang saku, namun dikarenakan permintaan yang begitu banyak, makan Carline memberanikan diri untuk menjadikan usahanya ini sebagai pekerjaan utamanya. Carline mengatakan, “dulu saya hanya bisa bermimpi, tapi dari mimpi itulah saya bisa bangkit dan berjuang untuk mewujudkannya menjadi kenyataan.”

Dengan bekal ilmu dan pengalamannya, kemudian ia sukses mengembangkan Cotton Ink menjadi produk di bidang fashion wanita. Penasaran kisah sukses bisnis online dari Carline?..Yuk kita simak bareng-bareng.


Good Timing And Creative Itu Penting


Di tahun 2008 merupakan masa dimana seorang Tokoh besar yang merupakan seorang Presiden Amerika, yaitu Barack Obama sedang naik daun. Carline pun mencoba membuat kaos sablon dengan gambar tokoh tersebut. Momen seperti ini sangat penting untuk awal memperkenalkan brand pada masyarakat luas. Dan dari sinilah kemudian Carline mulai merambah beberapa produk fashion wanita, seperti legging, syal, dan aksesori.

Dari sekian produk yang diproduksi, syal adalah produk yang paling dicari konsumen. Karena syal yang diproduksi Cotton Ink berbeda dengan syal yang lain, yaitu dengan bahan bernama tubular (bahan kaus berbentuk lingkaran tanpa jahitan) yang jarang dipakai di Indonesia. Dengan kreatifitas dan inivasinya dalam dunia fashion, Cotton Ink telah mendapatkan pendapatan tertinggi sebesar 80% dari produk pakaian wanita.

Pemasaran Cotton Ink


Pemasaran Cotton Ink adalah lewat media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tumblr dan Pinterest. Karen tidak dapat dipungkiri lagi bahwa pengguna internet di Indonesia sangat banyak sekali, maka cara ini adalah cara yang cukup baik. Carline pun juga membuat website sebagai tokonya, kamu bisa cek di cottonink.co.id

Selain pemasaran via online, produk Cotton Ink juga bisa ditemukan di beberapa toko offline di Jakarta seperti The Goods Dept, Pacific Place. Dan di Bandung sendiri produk Cotton Ink bisa didapati di butik ESTplus, Widely Project dan Happy-go-lucky. Sedangkan di Surabaya, konsumen bisa mendapatkan produk Cotton Ink ini di butik ORE. Selain di dalam negeri, Cotton Ink juga mendapatkan konsumen dari luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Australia dan bahkan Eropa.
  

Penghargaan dan Prestasi Cotoon Ink


Usaha dan kerja keras Carline dan sahabatnya Ria di Cotton Ink ini tidak sia-sia. Di tahun 2010, Carline meraih penghargaan Most Favorite Brand di Brightspot Market; The Most Innovative Brand dalam Cleo Fashion Award (Jakarta Fashion Week); Best Local Brand dari Free Magazine. Kemudian dua tahun berikutnya yaitu pada tahun 2012, Cotton Ink kembali mendapatkan penghargaan sebagai merek lokal favorit In Style Magazine.


Nah, bagaimana, semoga bisa menjadi inpirasi buat kita semua, jangan takut bermimpi dan yang penting terus berusaha dan kerja keras. We are awesome!!!.


EmoticonEmoticon